My Story : Seleksi Online Assessment Tahap 2 -LPDP Part 3-

My Story : Seleksi Online Assessment Tahap 2 -LPDP Part 3-

oleh : Nadya (Mentor Klikcoaching)

Disclaimer : Artikel ini berisi

tentang pengalaman pribadi penulis saat mengikuti seleksi Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) LPDP program Magister tujuan Luar Negeri tahun 2017. Konten dari tulisan ini murni pengalaman pribadi penulis yang bersifat subyektif sehingga pengalaman tiap awardee bisa bervariasi satu sama lain.

Beberapa minggu setelah penutupan pendaftaran beasiswa LPDP, seluruh peserta akan menerima sms, email atau status update dalam akun resmi LPDP mengenai hasil seleksi administratif peserta. Setelah dinyatakan lolos seleksi administratif tahap 1, peserta wajib mengikuti seleksi tahap 2 yaitu online assessment.

Pada tahap ini pihak LPDP akan menentukan satu hari dimana peserta bisa mengikuti tes tersebut secara online dimanapun dan kapanpun antara pukul 00:00 hingga pukul 23:59 WIB. Koneksi internet yang lancar dan stabil, spesifikasi browser dan operating system (OS) komputer yang layak serta jaringan listrik yang tidak bermasalah adalah beberapa kriteria yang wajib diperhatikan demi kelancaran selama mengerjakan tes secara online.

Sekitar 3 sampai 4 hari sebelum pelaksanaan tes, pihak LPDP mengirimkan e-mail undangan pelaksanaan online assessment dan pengingat mengenai seleksi online. E-mail tersebut terdiri dari :

  • Alamat website untuk pelaksanaan online assessment (www.lpdp.bridge2.co.id)
  • Informasi mengenai rangkaian jenis tes yang terdapat pada seleksi online
  • Username dan password yang bersifat rahasia dan personal untuk dapat mengakses website seleksi online

Disarankan bagi peserta untuk melakukan copy-paste dari e-mail yang diterima ke dalam kolom akun website seleksi online untuk menghindari kesalahan pengetikan karena rumitnya username dan password yang diberikan.

Di hari-h pelaksanaan tes, peserta sudah bisa langsung mengakses alamat website pelaksanaan online assessment dengan mengisi username dan password sesuai dengan ketentuan yang dikirim oleh pihak teknis LPDP beberapa hari sebelumnya. Disarankan untuk mencatat jadwal pelaksanaan tes online ini di handphone dan membuat reminder/alarm sebagai pengingat.

Pastikan bahwa suasana dan atmosfer tempat anda mengerjakan tes online ini cukup kondusif, nyaman, tidak gaduh dan bisa untuk berkonsentrasi. Jangan lupa berdoa menurut keyakinan, agama & kepercayaan masing-masing sebelum mengerjakan tes! 🙂

Setelah berhasil login, peserta dapat memulai rangkaian seleksi online tersebut. Estimasi waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan seluruh tes tersebut berkisar antara 45 menit hingga 1 jam 30 menit.

Rangkaian Tes Dalam Online Assessment

Pada dasarnya, seleksi online ini menitik beratkan pada kepribadian peserta sehingga tidak ada jawaban yang mutlak benar atau salah.

Tes ini dapat memberi gambaran mengenai motivasi, nilai, karakter, sifat dan tingkah laku peserta dalam situasi tertentu sesuai yang digambarakan dalam tiap soal yang merupakan kalimat atau pernyataan.

Pada tiap kalimat terdapat jawaban berupa pilihan ganda yang mana peserta harus memilih satu diantara pilihan-pilihan tersebut. Setelah memilih salah satu jawaban yang dirasa paling sesuai dengan karakter peserta, peserta bisa meng-klik tombol “berikutnya” untuk melanjutkan ke soal selanjutnya.

Apa saja jenis tes yang muncul dan bagaimana contoh pertanyaannya?

  • Values & Motives Inventory (VMI)
    Di dalam bagian ini, terdapat 122 kalimat atau pernyataan.

Menurut definisi dari Teknis LPDP, VMI adalah “sebuah asesmen yang memberikan profil mengenai nilai-nilai motivasi yang menentukan seberapa besar energi atau upaya yang akan dikeluarkan seseorang di tempat kerja.”

Dikutip dari psytech international, hasil tes VMI seseorang dapat menunjukkan 12 skala yang dikelompokkan menjadi 3 area yaitu :

  • Interpersonal : Nilai-nilai yang mempengaruhi pendekatan seseorang dalam hubungannya dengan orang lain.
  • Intrinsik : Nilai-nilai yang berhubungan dengan kepercayaan individu dan sikap yang mendasari pendekatan seseorang saat menghadapi permasalahan sehari-hari.
  • Ekstrinsik : Nilai-nilai yang mempengaruhi perilaku di tempat kerja.

Contoh format kalimat atau pernyataan yang diajukan adalah sebagai berikut :

Saya peduli terhadap lingkungan sekitar saya.

(1) Sangat Setuju (2) Setuju (3) Ragu-ragu (4) Tidak Setuju (5) Sangat Tidak Setuju

Saya bangga dengan apa yang saya capai dalam hidup.

(1) Sangat Setuju (2) Setuju (3) Ragu-ragu (4) Tidak Setuju (5) Sangat Tidak Setuju

Peserta hanya bisa memilih satu dari 5 pilihan jawaban sesuai dengan kepribadian dan karakter yang dimiliki.

  • 15 Factors Questionnaire Plus (15FQ+)

Di dalam bagian ini, terdapat 200 kalimat atau pernyataan.

Menurut definisi dari Teknis LPDP, 15FQ+ adalah “sebuah kuesioner yang dirancang untuk melihat gambaran umum kepribadian seseorang.”

Dikutip dari psytech international, 15FQ+ membuat “standar tes psikometrik modern yang tetap berpedoman pada teori dasar mengenai 16 faktor kepribadian oleh Raymond B. Cattell.” Hasil tes 15FQ+ dapat memberikan “deskripsi mengenai perilaku interpersonal, cara berpikir dan cara seseorang menghadapi stress.” Beberapa poin yang dapat diidentifikasi melalui 15FQ+ adalah :

  • Perilaku seseorang dalam menghadapi tantangan
  • Perilaku seseorang dalam menghadapi tekanan
  • Perilaku seseorang dalam menghadapi perbedaan budaya
  • Perilaku seseorang dalam menghadapi konflik
  • Kemampuan seseorang dalam mengambil keputusan
  • Kemampuan seseorang dalam menyelesaikan masalah
  • Kemampuan seseorang dalam menaati peraturan
  • Kemampuan seseorang dalam mengorganisir sesuatu

Contoh format kalimat atau pernyataan yang diajukan adalah sebagai berikut :

Saya tidak peduli terhadap lingkungan sekitar saya.

(1) Benar (2) ? (3) Salah

Saya tidak menyukai teman saya sendiri.

(1) Benar (2) ? (3) Salah

Peserta hanya bisa memilih satu dari 3 pilihan jawaban sesuai dengan kepribadian dan karakter yang dimiliki.

Pada kalimat atau pernyataan terakhir, peserta bisa klik tombol “selesai” yang menandakan berakhirnya seleksi online atauklik tombol “sebelumnya” untuk melihat jawaban dari kalimat atau pernyataan yang telah terisi.

Pastikan bahwa seluruh bagian telah terisi lengkap sebelum mengakhiri tes ini. Setelah peserta meng-klik tombol “selesai”, peserta akan diarahkan ke halaman website yang menyatakan bahwa jawaban peserta akan tersimpan secara otomatis dalam sistem LPDP. Setelah data jawaban tersimpan, peserta tidak bisa lagi mengubah jawaban yang telah dipilih.

Sekian informasi mengenai seleksi online/online assessment beasiswa LPDP tahun 2017. Selalu cek kembali jawaban anda sebelum mengakhiri seluruh rangkaian tes supaya tidak ada satupun yang salah atau kurang. Mantapkan motivasimu dan bacalah visi, misi dan nilai-nilai LPDP untuk bisa lolos di tahap ini. Good luck!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *