Mau Beasiswa dari Pemerintah Turki? Ini Dia Syaratnya

Mau Beasiswa dari Pemerintah Turki? Ini Dia Syaratnya

Oleh : Budy Sugandi

Peraih Beasiswa Pemerintah Turki/Alumnus Marmara University, Istanbul, Turki

SETIAP tahun Pemerintah Turki memberikan kesempatan kepada putra-putri terbaik dari seluruh penjuru dunia untuk mengikuti beasiswa Pemerintah Republik Turki atau Türkiye Bursları untuk jenjang S1, S2 dan S3 serta riset di kampus-kampus. Bahkan dibagikan juga beasiswa untuk mengikuti kursus bahasa Turki yang biasa disingkat TÖMER.

Belajar dari pengalaman pribadi, lulus S1 pada Desember 2010 lalu, saya mencoba mencari informasi sejumlah beasiswa dari sejumlah negara. Di antaranya Pemerintah Turki (Turkiye Burslari), Jerman (DAAD), United Kingdom (Chevening), Amerika Serikat (Fulbright), Australia (ADS), dan Jepang (Monbukagakusho). Semua informasi beasiswa tersebut dapat dengan mudah diakses dari laman website, millis, info dari dosen, info di papan pengumuman dan pertemanan.

Dari pengalaman sewaktu mendaftar beasiswa Pemerintah Turki pada tahun 2011silam, saya mempersiapkan sejumlah berkas yang diminta, di antaranya:

  1. Ijazah plus transkrip nilai
  2. Formulir pendaftaran (sudah disediakan, tinggal diunduh di website beasiswa)
  3. Surat keterangan sehat
  4. Rekomendasi
  5. TOEFL bagi yang ingin kuliah di Universitas berbahasa Inggris

Poin 1 dan 2 sudah sangat jelas. Surat keterangan sehat ini, dulu ada dua versi. Pertama cukup menyerahkan surat keterangan sehat biasa yang saya peroleh dengan biaya sekitar Rp. 15.000. Kedua, keterangan sehat check up full, dengan biaya sekitar Rp. 400.000.

Saat itu saya memilih opsi pertama dengan pertimbagan isi dompet. Jadi, saya memakai surat keterangan biasa namun dalam versi bahasa Inggris. Namun, sebaiknya informasi persyaratan ini dikonfirmasi kejelasannya agar lebih mantap dan sesuai dengan yang disyaratkan.

Ihwal rekomendasi bisa dimintakan dari rektor dan dosen pembimbing skripsi. Waktu itu saya sengaja memilih rektor karena merupakan pimpinan tertinggi di universitas dan dosen pembimbing skripsi, saya anggap sebagai orang yang paham dengan kemampuan akademik saya,  terutama bidang studi pendidikan matematika sesuai jurusan yang saya tekuni.

Zaman itu, berkas harus dikirim langsung ke Kedutaan Republik Turki untuk Indonesia di Jakarta karena penyerahan berkas sekaligus wawancara dilakukan di sana. Sebagai bocoran dan persiapan bagi kawan-kawan yang berminat bisa menyiapkan jawaban seputar pertanyaan berikut:

Dari mana mendapat info beasiswa?

  •  Kira-kira apa yang bisa diandalkan sehingga Anda layak mendapat beasiswa ini?
  • Apa rencana judul penelitian tesis atau disertasi Anda?
  • Apa rencana jangka pendek dan panjang Anda setelah lulus kelak?

Isi Full Pelor

Sebaiknya sebelum berperang isi full pelor Anda, bahkan kalau perlu siapkan cadangan senjata tambahan, siapa tahu peperangan hari ini berlangsung alot dan panjang. Ya, Anda bisa membaca artikel-artikel terkait tip sukses wawancara yang banyak edar di Google. Saya yakin jawaban Anda semua pasti akan lebih dahsyat dari pengalaman saya waktu itu. Good luck!

Kira-kira inilah fasilitas yang akan diberikan, yakni, uang kuliah dan uang saku, upah, akomodasi, kursus bahasa Turki (TÖMER), transportasi.

Dan, masih ada pertanyaan lain yang harus dijawab dengan cermat dan diplomatis. Kira-kira macam inilah pertanyaan yang sering dilontarkan. “Beasiswa segitu cukup enggak?” Saya jawab fasilitas yang diberikan lebih dari cukup meski tentu saja itu semua tergantung dengan gaya hidup masing-masing. Untuk manusia normal saya rasa fasilitas tersebut cukup. Mudah-mudahan Anda normal ya…

Nah setelah tahap wawancara selesai, kawan-kawan bisa menghela napas panjang dan berdoa agar diberikan yang terbaik. Pengumuman kelulusan akan disampaikan via email empat sampai delapan bulan ke depan. Ingat usaha kita hanya pada perjuangan yang maksimal, selanjutnya ya itu tadi ada pada yang Maha Mengatur.

Bagi teman-teman yang masih kuliah, yang kira-kira masih satu, dua, tiga tahun lagi mau mendaftar, silakan perkaya pengalaman, mengikuti seminar, meningkatkan prestasi akademik dan non-akademik.

Satu lagi, informasi beasiswa ini sangat dinamis, bisa berubah setiap tahun namun prinsip umumnya selalu sama. Misalnya untuk saat ini pendaftaran dan penyerahan seluruh berkas beasiswa harus via online sebelum dipanggil wawancara ke Kedutaan Republik Turki di Jakarta.

Jadi harus terus update informasi. Untuk beasiswa Pemerintah Turki pendaftaran di mulai sekitar bulan Februari-April, setiap tahun melalui situs ini http://www.turkiyeburslari.gov.tr/

Tulisn ini juga dimuat di: http://surabaya.tribunnews.com/2016/02/03/mau-beasiswa-dari-pemerintah-turki-ini-dia-syaratnya?page=2 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *